Anakku Sang Juara

Posted by

“Ayoo….Zam, pake celananya sendiri, kan Azzam Juara!” Kataku merayu

Statement diatas seringkali saya ucapkan, untuk memotivasi Azzam melakukan sesuatu, ia tambah semangat melakukan, penuh percaya diri. Hasilnya cukup fantastis, ia mau maem sendiri, pakai celana sendiri, walau kadang masih ada ‘rasa manja’. Maklum usia 3 tahun, tapi  ada lho anak usia segitu sudah bisa mandiri.
Bagi saya ini adalah sebuah prestasi.


Kata “Juara” ia mengerti ketika melihat foto-foto saya saat di Jakarta, menghadiri undangan PLN Pusat karena telah memenangkan lomba blog. Saat saya di Jakarta, ia tidak ikut, saya titipkan ke rumah eyangnya. Jadi wajar kalau ia bertanya-tanya “kok aku nggak ada di foto, kok aku nggak ikut” 

saya emang kaku kalo bergaya depan kamera.perlu latihan terus.hehe

Selain itu ada foto saya, saat di bandara soekarno hatta, sekaligus foto pesawat. Spontan ia bilang,
“Maa…kalau aku  juara ntar, aku naik pesawat ya!” katanya penuh harap
“Horeeeee….”* sambil jingkrak dan loncat-loncat

Aku hanya tersenyum, mencoba menelaah ekspresi Azzam yang begitu lucu, lepas, apa adanya. Kira-kira apa yang ia simpulkan dari definisi “juara”? dapat uang, naik pesawat, bisa di foto atau bisa jalan-jalan ke Jakarta? Pertanyaan yang cukup rumit bagi saya. Untuk sementara ini saya hanya memotivasi dia untuk melakukan sesuatu dengan kata sederhana, selain sebutan “ayo..anak sholeh, ayo…anak pinter…ayooo Sang Juara!

Berharap ketika dewasa kelak, Azzam benar-benar bermental JUARA dalam segala hal :
JUARA dalam beramal Saleh
JUARA dalam hal kebaikan dan kebajikan
JUARA dalam hal kejujuran
JUARA dalam prestasi Akademik
JUARA dalam kompetisi Lomba apapun, sesuai bidangnya
JUARA dalam…….[apa lagi ya?]