#Kosa Kata : Inersia

Posted by
Bagi seorang penulis, kosa kata baru jadi makanan wajib sehari-hari, cuman bagi saya bukan hal mudah untuk bisa mempertahankan kata baru tersebut dalam memori, setidaknya menulis kembali di sini bisa menjadi cara jitu bagi seya sekaligus tambahan kata, bagi para blogger yang mampir.

Okey, inersia.
Kata ‘inersia’ pernah kita dengar saat SMA, kan? dalam pelajaran fisika, inersia merupakan kecenderungan semua benda fisik untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya. Coba kita bayangkan kita berdiri di dalam bis, ketika bis melaju lagi keadaan diamnya, pasti kita sedikit ‘terplanting’ kebelakang, itu contoh kecil inersia.


Inersia = status kuo ?
Status kuo dalam ranah politik adalah penolakan terhadap perubahan. Ditolak karena perubahan dianggap akan memakan waktu, korban, tenaga, pikiran dan pengulangan yang belum tentu sama baiknya dengan keadaan sekarang. Status quo juga dijadikan tameng buat para politisi untuk nggak mau kehilangan keamanan finansial, kekuasaan dan penghormatan yang sudah sangat menyamankan diri dan partai.

Hai, have you ever been there?
Pernahkan kita merasakan ‘nyaman’ dengan hidup kita? Namun, belum tentu nyaman tersebut baik untuk masa depan kita. Disinilah, pentingnya kita untuk bergerak. Terkadang pikiran juga terserang penyakit ‘status quo’, kita dihantui trauma dan fear missedmanagement. Fear dalam hal apapun ada, tapi bukan untuk dihilangkan justru harus dikelola dengan baik. Fear hadir untuk membuat kita take action. Karena Fear adalah Fantasized Experience Appear Real. Inersia merupakan kata yang selalu ada dalam batin kita, cuman kita selalu menghalanginya untuk bergerak lebih cepat, tak hanya berpindah, karena kita masih terkungkung dengan ‘status quo’.

Semoga bermanfaat