Meditasi Tren Masa Kini Mengusir Stres

Posted by
     Dulu istilah ‘meditasi’ sering dikorelasikan dengan sebuah ritual agama tertentu. Tidak untuk saat ini, kini meditasi telah menjadi aktivitas rutin yang populer dan bisa dilakukan oleh siapapun. Secara fisik, meditasi mungkin terlihat seperti aktivitas duduk bersila, memejamkan mata, lalu mengatur pernafasan dan pikiran agar batin lebih tenang. Hal ini akan membawa pada kesadaran untuk mengenali siapa sesungguhnya diri kita, bagaimana cara pikiran kita bekerja, serta kesadaran mengenai hidup yang sesungguhnya.
      
      Pakar Meditasi, Jon Kabat-Zinn, Profesor dari MIT (Massachussetts Institute of Technology) mengatakan, “Wherever You Go, There You Are”. Meditasi akan membimbing menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Tidak peduli bagaimana masa lalu seseorang, meditasi akan meyakinkan diri bahwa selalu ada masa depan cerah di kemudian hari. 

Meditasi, tak sekedar mengusir stres
Dalam kehidupan modern yang semakin kompleks, manusia akan cenderung mengalami stres apabila ia kurang mampu mengadaptasikan keinginan-keinginan dengan kenyataan-kenyataan yang ada, baik kenyataan yang ada di dalam dirinya maupun di luar dirinya.                                       

Stres rentan terjadi pada siapa saja, baik itu karyawan, pengusaha ataupun ibu rumah tangga seperti saya. Saat pengajuan skripsi sarjana 3 tahun lalu, saya  memilih  bahan penelitian tentang stres kerja pada wartawan Jawa Pos Radar Malang, banyak hal menarik yang saya simpulkan tentang stres, salah satunya adalah berbagai faktor yang mempengaruhi seseorang bisa stres, digambarkan jelas seperti bagan di bawah ini: 

     Banyak macam cara untuk mengusir stres, salah satunya dengan melakukan meditasi. Hal ini diyakini mampu menekan tingkat stres yang berlebihan, bahkan tidak mustahil apabila stres malah berubah menjadi ‘ramuan’semangat luar biasa untuk menggapai harapan. Seperti yang dilakukan seorang Adjie Silarus (salah satu pihak manajemen Indscript Creative yang kini tengah menggarap Personal Branding Agency).

     Masa lalunya yang pernah membuat Adjie mengalami stres berat hingga kesehatan fisiknya melemah, ternyata tidak mampu membuat Adjie kalah. Adjie bangkit dan terus menguat. Dia mencapai titik puncak ketika menggunakan meditasi sebagai TERAPI dan menjadikannya sebuah gaya hidup sehat. Kini, Adjie Silarus semakin prima sebagai meditator yang mencapai kondisi delta. 

Meditasi jadi tren, kok bisa?
      Secara praktis, meditasi adalah proses untuk mengendalikan arus pikiran seseorang. Benak manusia yang selalu aktif memikirkan banyak hal, rencana, atau ambisi dalam hidup kerapkali membuat diri merasa selalu sibuk, terburu-buru, dan tertekan. Meditasi membantu  untuk berpikir dan bertindak lebih tenang.

      Ketenangan itu dapat dicapai dengan melakukan teknik pernapasan. Ya, bernapas. Aktifitas yang kadang tak disadari, ternyata memberi pengaruh besar dalam kinerja otak. Saat kita berfokus dalam aktivitas bernapas, akan ada koneksi kuat antara tubuh dan pikiran kita. Dengan bernapas teratur, lembut, dan perlahan, maka kita juga tengah menenangkan tubuh dan pikiran. Gelombang otak pada saat meditasi (kondisi Delta) akan terlihat jauh lebih tenang dibanding dengan kondisi ketika raga terbangun (kondisi Beta).

        Meditasi kini tak bisa lagi dipandang sebagai kegiatan yang aneh atau ritus abnormal, seperti yang banyak diduga orang berhubungan dengan hal seperti: berkomunikasi dengan makhluk halus, atau “berpindah” ke alam lain. Meditasi bukanlah aktifitas paranormal, namun berkaitan dengan menenangkan pikiran dan kesadaran. Saat meditasi, bukan berarti pikiran melayang jauh. Sebaliknya, pikiran amat sadar, hanya saja lebih tenang, berdiam, dan fokus pada momen yang dipikirkan saat itu.

      Meditasi bukanlah sekadar aktivitas satu jam bersila yang diagendakan setiap hari di jam yang sama. Meditasi bisa disisipkan dalam apapun aktivitasnya, asal dilakukan dengan fokus dan sadar.

      Sebagai permisalahan, Jika Anda makan, lakukanlah dengan kesadaran bahwa Anda sedang makan, maka makanan Anda akan terasa benar-benar enak. Jika berjalan, sadarlah bahwa Anda sedang berjalan dan fokuslah pada tujuan jalan Anda. Prinsipnya, ketika pikiran Anda tenang dan fokus, Anda akan lebih mudah menikmati hidup dan apapun yang terjadi di dalamnya.

       Katupkan mata, atur pernapasan, dan Anda akan mendapat kendali penuh atas diri dan hidup Anda. Selamat bermeditasi, Tak ada salahnya meditasi jadi pelengkap tren gaya hidup Anda dan keluarga! Nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas 'keajaiban' meditasi menghilangkan trauma. So, Be Happy Life!