Pentingnya DHA dan Stimulasi Bagi Kecerdasan Anak

Posted by with 4 comments
Memiliki anak yang cerdas adalah impian saya dan suami. Cerdas yang tak hanya diukur dari IQ (Intelligence Quotient), tapi juga kecerdasan majemuk (multiple intelligences) pada Zam, anakku yang kini berusia 4 tahun.

Saat nonton televisi bareng keluarga, Zam melihat sekilas berita yang menayangkan tentang ikan lumba-lumba. Tampak di layar kaca beberapa lumba-lumba melakukan lompatan atraktif ikan di tengah samudra luas. Betapa takjubnya dia,“ Wah ikannya hebat , Maa? Kok bisa githu ya?” Saya hanya memberi jawaban sederhana, karena lumba-lumba adalah ikan cerdas dan pintar.

Sejak itu, Zam sangat menyukai lumba-lumba. Ingin rasanya saya mengenalkan Zam lebih dekat dengan ikan lumba-lumba, berharap Zam bisa menyapa dengan sentuhan tangan. Namun sayang, di Kota Kediri sudah tidak ada lagi event atraksi ikan lumba-lumba. Sepengetahuan saya memang atraksi seperti itu sudah tidak diperbolehkan karena akan menyiksa lumba-lumba. Akhirnya….pilihan lain jatuh pada boneka lumba-lumba yang diberi nama Luzam (Lumba milik Azzam).

Zam dan boneka lumba-lumba

Inspirasi lumba-lumba dan DHA

Tentu Zam tidak salah pilih, jika lumba-lumba menjadi binatang favoritnya. Lumba-lumba memang mamalia laut yang sangat cerdas, banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Misalnya, perenang handal dapat berenang dengan nyaman dan leluasa karena memakai pakaian yang dirangcang khusus untuk memperkecil gesekan antara tubuh dengan air, itu meniru dari struktur kulit lumba-lumba. lumba-lumba pun ternyata dapat menyembuhkan seorang penderita autis dengan terapinya. Luar biasa. (1)

Di sisi lain, saya berfikir adakah hubungan ikan dan kecerdasan?  Kenapa ikan jadi sumber makanan yang paling penting untuk anak-anak? Jawabannya karena didalam ikan mengandung asam lemak omega 3 yakni DHA (docosahexaenoic acid).

Penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat DHA untuk perkembangan otak, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. DHA umumnya meningkatkan fungsi otak seperti memori, konsentrasi dan belajar; kandungan DHA sangat dibutuhkan Zam di usianya yang ke empat tahun untuk mengurangi resiko ADHD, masalah penglihatan dan depresi. (2)

Kini, DHA bisa didapat dari produk vitamin untuk anak yang dikemas secara praktis, nutrisi yang diperlukan otak tersebut terdapat pada SevenSeas Emulsion.



Seven Seas Emultion mengandung DHA (224 mg per 10ml / 20x lebih banyak dibandingkan produk competitor). Kandungan DHA diambil dari minyak ikan COD yang bermanfaat untuk meningkatkan kerja otak. Kenapa dari ikan Cod?

Minyak hati ikan Cod memang mengandung DHA yang lebih banyak karena diperoleh dari perairan Atlantik, bebas pencemaran. Minyak ikan Cod mengandung Omega 3 yang membantu pertumbuhan otak dan memelihara sel-sel otak. Diperlukan juga vitamin A yang membantu kesehatan mata dan memelihara tubuh dari infeksi. (3)

Zam, kini tumbuh di periode emas, membutuhkan nutrisi DHA yang memegang peran vital untuk menjaga selaput sel otak agar dapat berfungsi dengan baik dalam menghantarkan informasi dari satu sel otak ke sel lainnya. Saya yakin, di sinilah kecukupan DHA pada anak akan berpengaruh pada kecerdasan otak.


Kecerdasan anak bisa dirangsang sejak dini

Dari sumber yang pernah saya baca, menurut Howard Gardner salah seorang profesor pendidik dan peneliti dari Harvard University Amerika Serikat, ada 9 aspek kecerdasan seorang anak. Istilah yang sering kita dengar adalah multiple intelligences, antara lain?

1.      Kecerdasan musikal
2.      Kecerdasan intrapersonal
3.      Kecerdasan interpersonal (sosial)
4.      Kecerdasan visual spasial
5.      Kecerdasan natural (alam)
6.      Kecerdasan kinestetik tubuh
7.      Kecerdasan moral
8.      Kecerdasan verbal linguistik
9.      Kecerdasan logika matematika


Saya sadar bahwa perkembangan otak membutuhkan asupan ‘makanan’ dari dalam dan luar. Jika dari dalam, berupa vitamin untuk anak, sedangkan dari luar adalah stimulasi. Selain menstimulasi kecerdasan intelektual, saya juga mengenalkan anak lebih dekat dengan lingkungan. Kecintaan Zam pada fauna seperti ikan lumba-lumba adalah bukti bahwa Zam memiliki kecerdasan natural (alam). Begitu juga dengan kecintaan Zam pada flora. 

Zam membantu ayah berkebun


Kecerdasan anak tidak datang secara tiba-tiba, DHA punya peran penting bagi perkembangan otak anak, ditunjang vitamin yang cukup serta stimulasi orang tua secara kontinyu. 

Saya sangat bersyukur, menjalani aktivitas bersama Zam dan adek terasa selalu menyenangkan. Barangkali kecerdasan mereka lah yang membuat hari-hari penuh warna, selalu ada cerita. 



Referensi

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Lumba-lumba
2. http://www.parenting.co.id/article/balita/manfaat.dha.di.tiap.usia.anak/001/003/192
3. http://sevenseas.co.id






 

4 komentar:

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.