Saat Balitaku Sakit Gigi

Posted by with 1 comment
Sobat Blogger, tentu pernah merasakan sakit gigi, kan? Tak enak makan dan tak nyenyak tidur. Kemarin, seharian penuh anak saya Zam teriak-teriak karena merasakan sakit gigi. Ya, di usianya yang baru saja 4 tahun, ia sudah merasakan sakit gigi. Kasihan, ia tidak doyan makan, saya tahu sebenarnya Zam lapar, perutnya kemps, tidak semangat bermain, dan selalu rewel. 

Saya tidak sepenuhnya menyalahkan Zam, karena ia suka makan makanan manis, ditambah lagi depan rumah ada warung ‘jajan’ yang jualannya produk-produk GEJE kualitasnya. Mau manyalahkan penjualnya? Pengennya sih, tapi apa daya, toh tetangga saya juga butuh uang. Serba salah, kan?

‘Maafkan ibu, Zam……’
Kalimat tersebut yang muncul dalam benak saya ketika Zam menangis, berteriak kesakitan saat sakit gigi Zam kambuh lagi. Penyesalan memang datang terlambat, dulu saat Zam usia setahun, saya terlalu cuek dengan kesehatan gigi Zam, intensitas pertemuan saya dengan Zam yang hanya terhitung jam membuat saya ‘cuek’ dalam pengasuhan. Misalnya, saat Zam ingin sikat gigi sebelum tidur, saya ogah-ogahan alias malas mengantarkan Zam ke kamar mandi untuk gosok gigi.

Jika ingat hal ini, mata ini berasa keluar air. Zam menangis kesakitan, saya menangis karena penyesalan, “andai dulu….saya merawat gigi Zam dengan baik, tentu tidak akan terjadi gigi berlubang”. Semua memang tak bisa dikembalikan, yang ada hanyalah usaha untuk menyembuhkan. Nah, adapun tips yang saya lakukan, saat Zam sakit gigi :

1.       Berkumur dengan air matang
2.       Memberinya obat atau syrup untuk anak, atau tindakan lebih lanjut dibawa ke puskesmas.
3.       Membuat bubur sebagai pengganti nasi.
4.       Semenjak saya dirumah (tidak kerja lagi) saya rajin mengajaknya gosok gigi.
5.       Mengurangi makanan manis dan jajanan.
6.       Dan, saat ini saya sungguh-sungguh merawat gigi Tya (adik). Semoga bisa konsisten.,

Bagaimanapun juga mengasuh anak tidak boleh setengah hati, meski terkesan sepele, ini akan memberikan dampak hingga anak menginjak dewasa kelak. Yuk, rajin gosok gigi, Nak ……


1 komentar:

  1. Sedih ya rasanya bun kalau lihat buah hati sakit apalagi sakitnya itu yang amat sangat mengganggu seperti sakit gigi ..

    BalasHapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.