Sukses Bikin Brownies Kukus Ny. Liem

Posted by with 1 comment
Udah berkali-kali bikin brownis gagal. meski takaran bahan dan resep udah pas, masiiiih juga gagal. hm...berhubung adek ada acara lamaran. Saya tantang diri lagi deh mencoba bikin brownis lagi. kan kelihatan elegant githu hantaran buat lamaran ada brownisnya. pasti yang nerima seneng, yakin banget deh, nyoklatnya itu disukai semua kalangan. Tua, muda, remaja dan apalagi anak-anak? mumpung juga nih bahan kue dan aneka coklat di lemari numpuk.


Keberhasilan emang selalu datang setelah kita melalui rentetan kegagalan. Saat bikin kue juga demikian loh. ini saya akui karena seringkali saya bikin brownis selalu gagal, kadang bantat, kadang juga bergelombang. Ngasal coba tanpa memahami teknik dan strateginya (hallaaaaah bikin kue aja kenapa pake strategi sih?) ya iyalah, gimana mau memperbaiki kesalahan kalo nggak ngerti ilmunya. saya makin kagum aja sama chef dan para pembisnis kuliner yang tak kenal lelah, menyerah dan 'encer' otaknya. 

Brownies termasuk kue yang paaaaaling saya suka. Ngangeni pengen ngicipi. kalau beli kan mahal banget. jadinya yaaa....buat sendiri aja? toh banyak resep berseliweran di google dan grup masak. daaaan....ini dia resep andalan para blogger yang selalu sukses buatin untuk keluarga atau untuk dijual. Rasanya? mirip brownis yang terkenal tuh, brownis Aman**......(masya Allah...enaaaak. miriiiip banget, nggak rugi kok kalo bikin, hemat lagi)

Berhasil, atasnya rata tanpa gelombang (maaf kurang jago jepret nih)

Bahan I :
3 butir telur

100 gr gula pasir
sejumput garam

5 gr cake emulsifier

sejumput vanili bubuk

 

Bahan II :

65 gr terigu protein sedang

25 gr coklat bubuk 

sejumput baking powder
 

Bahan III (cairkan) :
90 ml minyak sayur

50 gr dark cooking chocolate


Bahan IV :

75 ml susu kental manis(saya pake SKM putih)
Cara membuat : 

1. Siapkan loyang loaf ukuran 10x20 cm, alasi kertas roti dan olesi minyak goreng. Panaskan kukusan sampai beruap banyak. 

2. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental 

3. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit hingga rata. Tuang bahan III, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 50 gr adonan, campur dengan bahan IV (SKM), sisihkan

4. Tuang setengah bagian adonan tanpa SKM ke dalam loyang, kukus selama 10 menit. 

5. Tuang adonan yang telah dicampur dengan bahan SKM, kukus 10 menit, dan terakhir masukkan sisa adonan, kukus kurang lebih 30 menit hingga matang. 

6. Angkat dan dinginkan. 



Coban yuuuk, jangan lupa sharing yaaa kalo udah bikin (saya bantuin ngicip. hehe)

1 komentar:

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.