Orangtua Selingkuh? Ini Akibat Buruk yang Terjadi pada Anak

Posted by with No comments
Masa anak-anak adalah masa yang paling indah. Keceriaan dan wajah polosnya itu menyimpan kebahagiaan tersendiri bagi kedua orangtuanya. Namun, kebahagiaan itu terkoyak apabila ayah dan bundanya tidak memberikan sentuhan kasih sayang bahkan disibukkan dengan urusan masing-masing. Terlebih lagi, keceriaan mereka akan pudar jika salah satu orangtuanya terlibat perselingkuhan.

Berikut dampak buruk yang terjadi pada anak jika orangtuanya selingkuh;

Perasaan bersalah, hal ini bisa terjadi pada anak usia sekolah dan remaja. Mereka tidak faham apa yang terjadi pada orangtuanya. Hubungan yang tidak harmonis dan menegangkan. Anak-anak berfikir ketegangan itu dipicu dari kesalahan mereka.
Perasaaan malu, jika perselingkuhan orangtuanya banyak diperbincangkan di lingkungan sekolah atau keluarga besar. Anak merasa tidak nyaman di rumah sehingga mudah terbawa lingkungan sekitar yang bisa berakibat fatal seperti minum-minuman keras atau obat-obatan terlararng.
Penurunan self esteem, anak-anak merasa dirinya tidak berharga, anak mulai malas belajar sehingga prestasi belajar anak akan turun drastis karena tidak ada lagi motivasi dan pendampingan belajar,  
Depresi, dalam proses tumbuh kembangnya, anak membutuhkan kondisi keluarga harmonis. Perselingkungan orangtua bisa menimbulkan perilaku buruk pada anak.
Anak menjadi agresif, jika anak sudah mengalami tingkat frustasi terhadap kehidupan pribadi dan orangtua, anak akan menjadi agresif hingga dewasa kelak.
Anak sulit percaya pada orang lain, dampak buruk jangka panjangnya, anak memiliki kecemasan dalam berhubungan dengan orang lain terutama pada pasangan karena trauma dengan perselingkuhan orang tuanya.
Cara orangtua dalam meminimalisasi dampak buruk adalah dengan tidak melakukan hal itu di depan anak. Hindari pertengkaran dengan pasangan di hadapan anak. Jangan sampai anak menyaksikan luapan emosi itu. Meski tengah goncang, sampaikan ke anak bahwa ayah bunda masih sayang dan peduli pada anak.

Langkah terbaik bagi orangtua adalah memperbaiki hubungan keduanya, menyatukan kembali cinta yang tengah diuji kesetiaannnya, jadikan anak prioritas utama karena masa tumbuh kembang anak akan baik jika orangtuanya dalam kondisi harmonis. 

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Tanpa MSG

Posted by with 5 comments

Cara membuat nasi goreng sederhana tanpa MSG banyak dicari para bunda yang ingin menyajikan nasi goreng lezat tanpa bumbu perasa instan. Tapi apa benar bisa enak? Nah...bunda, ini saya share pengalaman saya memasak nasi goreng dengan bumbu yang sederhana, enak disukai suami dan anak-anak. Biasanya, yang bikin kangen itu nasi goreng warung malam yang dijual di tempat keramaian. Tapi, pasti deh...keesokan harinya tenggorokan langsung sakit karena efek bumbu perasanya bener-bener tajam. Hihi....*setajam silet #eh...

Cerita dulu ya, gimana awalnya saya bisa menemukan resepnya. Haha....sedikit lebay sih tapi ini memang pengalaman yangwah buatku sebagai ibu muda yang dulunya nggak bisa masak kecuali masak nasi di rice cooker. 

7 Kiat Memanfaatkan THR Tanpa Khawatir Kenaikan Harga

Posted by with No comments
Memanfaatkan THR perlu dilakukan selama menjelang lebaran dan pasca lebaran. Perencanaan  Tunjangan  Hari Raya (THR)  yang baik akan menuai manfaat dan menekan tingkat komsutif anda selama lebaran.  Berikut  7 Tips yang bisa anda lakukan dalam memanfaatkan THR;



1.       Buatlah Daftar Keinginan dan Kebutuhan

Anda perlu membuat list keinginan dan kebutuhan supaya anda dapat memangkas keinginan yang masih bisa dipenuhi pasca lebaran. Sehingga THR anda dapat dimanfaatkan secara optimal

Gerakan Anak Bahagiakan Orang Tua (GABO)

Posted by
 “Saya ucapkan terimakasih bu Nurul, telah mengajak Dita seminar minggu lalu. Dita cerita banyak tentang GABO. Akhir-akhir ini, Dita berubah bu... makin rajin belajar, ibadah dan jarang marah”   (bunyi SMS Mamanya Dita, seorang siswi SMA di salah satu Kabupaten Kediri)

Terhenyak, ketika saya membaca SMS tersebut. Sebagai seorang ibu, saya bisa merasakan aura kebahagiaan itu terpancar. Melihat anak remajanya yang perlahan melakukan perubahan positif, usai Dita dan kawan-kawan mengikuti training motivasi yang diadakan GABO (Gerakan Anak Bahagiakan Orang Tua).

SMS yang dikirimkan mamanya Dita menunjukkan adanya respon positif orang tua terhadap eksistensi GABO, Pun banyak para pengajar dari tingkat SMP atau SMA se-karesidenan Kediri turut serta mendukung kegiatan positif komunitas GABO. Sebuah komunitas yang ingin memberikan kontribusi nyata mengajak generasi muda melakukan kegiatan positif supaya tidak terjebak dalam lingkaran ‘kenakalan remaja’ yang rentan mempengaruhi remaja Indonesia, baik yang ada di kota maupun desa.

Sempurnakan Bekal Masa Depan Anak Hingga Akhir Hayat

Posted by with 8 comments
Buku Parenting Best Seller

Judul: Segenggam Iman Anak Kita
Penulis: Mohammad Fauzil Adhim
Penerbit: Pro-U MEdia
Terbit: Maret 2014
Tebal: 288 halaman; 14 x 20 cm

Sejak kuliah, saya sering baca tulisan parenting Mohammad Fauzil Adhim. Hampir setahun buku yang berjudul Segenggam Iman Anak Kita ‘mangkrak’ di lemari. Adanya speedy wifi di rumah nyaris membuat saya malas baca buku-buku, bahkan untuk mengeluarkan budget  pembelian buku terasa berat. Nah, karena rumah maya Bee Blog sudah agak cakep dan rapih, mulai deh sekarang semangat baca buku yang berkualitas supaya bisa di-review kemudian di share, harapannya bisa lebih bermanfaat bagi pengunjung Bee-Blog.

Be Positive Thinking

Posted by with 1 comment
Siang kawan, saat nulis ini matahari terik.


Sudah berjam-jam nongkrong di perpustakaan tak ada satu tulisan pun yang bisa saya selesaikan. Hasilnya, ini…..

Pernah nggak sih sobat berburuk sangka? Menilai seseorang tapi lihat dari penampilan, suka ngambil kesimpulan sebelum berfikir panjang? Kata suami saya sih, saya sering banget. Lagi-lagi, saya nggak nyadar apa kekurangan saya

Bayar Zakat Melalui ATM, Ini Penjelasannya

Posted by with No comments
Membayar Zakat wajib hukumnya bagi seorang muslim, apapun profesinya. Zakat yang merupakan kewajiban dan perintah Allah SWT dalam Alquran surat At-Taubah: 103: “Ambillah dari sebagian harta mereka sebagai shodaqoh (zakat) …………..”.

Zakat adalah aset dan dana abadi milik umat yang Alloh persiapakan hingga akhir zaman. Di era globalisasi seperti sekarang, perubahan begitu dinamis. Era teknologi komunikasi menuntut kesiapan dengan percepatan informasi. Tak pelak, lahirlah aneka produk seperti internet banking, ATM, Credit Card, Phone Banking dan yang lainnya merupakan kecanggihan teknologi informasi.

Doa Adalah Metode Pengobatan Segala Macam Penyakit

Posted by
“Semoga lekas sembuh yaa.......................” Seringkali pernyataan tersebut muncul pertama kali saat kita mendengar ada orang sakit. Respon dari pendengar bisa jadi bermacam-macam, ada yang mendoakan tulus, ada pula yang mengiyakan sekedar pemanis lisan tanpa diiringi dengan keyakinan.

Rasulluloh SAW telah mengajarkan metode pengobatan melalui doa. Hal ini dteliti oleh seorang pakar kesehatan bidang rematik di Inggris yaitu Dr. Dhiyak Al Haj Husen, beliau sebagai anggota Asosiasi Pengobatan Sakit Punggung dan Akupuntur Inggris di Inggris Amerika. Beliau bereksperimen menggabungkan metode pengobatan moderen dan metode Nabi atau dikenal dengan Thibbunnabawi dengan dibarengi doa dalam mengobati penyakit punggung yang diderita pasien.

Kuwujudkan Mimpi Umroh Bersama Keluarga

Posted by with 2 comments
Dua tahun yang lalu, ibu pernah bilang ke aku “bisa nggak ya, kita sekeluarga umroh bareng?”

Aku jawab saja, “Insya Allah bisa, buuu.....”

Waktu itu separo optimis, separo pesimis. Aku sadar diri lah, sebagai putri sulung yang tidak bekerja kok bisa-bisanya ngomong seperti itu. Di rumah, aku berfikir panjang, kira-kira jalan mana ya Alloh yang bisa aku tempuh? Guna mempercepat menuju rumahMu, menuju Baitulloh yang sealu dirindukan umat Islam dari penjuru dunia. 


Generasi Muda Bisa Mengubah ‘Dunia’

Posted by with 7 comments
Emang bisa apa sih anak muda tuh? Pengalaman dikit, uang nge-pas, sibuk pacaran dan sibuk ma tugas sekolah? Anak muda bisanya cuma nge-galau, nggak punya prinsip daaaan nggak bisa peka ama masalah sosial.

Ah...masa’ sih?

Sukses Bikin Brownies Kukus Ny. Liem

Posted by with 1 comment
Udah berkali-kali bikin brownis gagal. meski takaran bahan dan resep udah pas, masiiiih juga gagal. hm...berhubung adek ada acara lamaran. Saya tantang diri lagi deh mencoba bikin brownis lagi. kan kelihatan elegant githu hantaran buat lamaran ada brownisnya. pasti yang nerima seneng, yakin banget deh, nyoklatnya itu disukai semua kalangan. Tua, muda, remaja dan apalagi anak-anak? mumpung juga nih bahan kue dan aneka coklat di lemari numpuk.

Pohon, ‘Sahabat’ Nabi Muhammad Masih Hidup

Posted by with 2 comments
Temaaan, Rasulullan hidup ribuan tahun yang lalu. Percaya nggak sih, ada peninggalan jejak Nabi yang sampai saat ini masih ada? Yakni, pohon. Hm…ada yang tau?

Dulu, ketika nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju Syam bareng Maisarah (pembantu Sayyidatuna Khadijah Ra) untuk berdagang. Nabi kecapekan dan istirahat di bawah sebuah pohon. Saat Nabi berada di bawah pohon, dahan dan ranting-ranting pohon bergerak menaungi beliau dan panasnya terik matahari.

Inilah Pengisi Suara Masha

Posted by with 24 comments
Masha and The Bear. Film kartun yang disukai kedua anak saya. Nggak bosan lihat kegokilan Masha. Lucu, imut, banyak tingkah dan animasi kartunya keren banget. Bukan hanya anak saya, mungkin banyak penonton lain dari kalangan dewasa yang suka Masha. Saking senengnya, anak perempuan saya punya dua baju bergambar Masha. Hihi...


Penasaran nggak sih, suara siapa dibalik sosok kartun masha yang lucu bin ngegemesin itu? 

Ingin Tidur Nyenyak? Minum Susu Sapi Segar!

Posted by with 7 comments
Sudah dua hari ini saya mengkonsumsi susu sapi segar saat berbuka puasa. Awalnya, hanya iseng beli minuman susu sapi segar yang kini menjamur di pasaran. Susu sapi segar yang dijual ala gerobakan ternyata menarik konsumen yang berlalu lalang di jalan termasuk suami saya. 
Kok rameee? 
Seenak apa sih susunya? 
Begitulah alasan suami beli susu sapi segar, penasaran!

Credit

Waspada Terhadap 3 Godaan Saat Ramadhan

Posted by with 1 comment
Bulan Ramadhan selalu dinanti umat Islam, keberkahan dan pahala kebaikan yang berlipat ganda menjadi magnet dalam berlomba menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Seorang muslim wajib berpuasa, menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan.

Euforia memasuki awal bulan Ramadhan begitu terasa, kita menyambut kehadiran bulan suci dengan suka cita. Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka. Betapa bahagianya umat Islam sedunia bisa merasakan nikmatnya bulan suci Ramadhan.

Tanpa kita sadari, sebenarnya ketakwaan seorang muslim pada bulan Ramadhan benar-benar diuji, tidak sekedar menahan lapar dan haus saat berpuasa namun juga dalam menjalani ibadah lainnya. Banyak sekali godaan-godaan yang mengintai fokus kita dalam mencari keberkahan bulan Ramadhan. Godaan apa saja itu? sebagai seorang muslimah dan ibu rumah tangga, saya kadang tergoda dengan 3 hal berikut; 


Menikmati Speedy Instan Kediri

Posted by
Kangen rasanya berlama-lama didepan laptop yang terkoneksi internet. Meski di rumah punya modem, beda kecepatan kerja jari ini. Di rumah suka nggak fokus. Lihat tepung pengen nge-baking, lihat cucian numpuk tergoda untuk nyuci.

Kreasi Kolak Pisang yang Mendunia

Posted by with 2 comments
Bicarain kolak pisang jadi kebayang ya nuansa Ramadhan? Yah…sebentar lagi kita memasuki bulan puasa. Emak-emak udah pada siapin menu belum?

Si Pengobar Spirit itu Telah Tiada

Posted by
Mudrika Ilma


Rabu, 13 Mei 2014 kau telah berpulang. Aku ngerti kabar itu di hari Kamis. Baca status berseliweran bela sungkawa atas kepergianmu. Aku masih belum percaya, Mud. Apa berita ini beneran? Aku pun menemukan kronologi kejadian detik-detik kepergianmu. Allah lebih menyayangimu, Mud. Allah tidak ingin kau merasakan sakit yang bisa saja kambuh di lain waktu.

TB Bisa Disembuhkan Tanpa ‘Benda Keramat’

Posted by with 2 comments
Lima tahun silam, dunia medis dikejutkan oleh kehadiran bocah ajaib. Ia memiliki batu petir sakti yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Hm, masih ingat dengan Ponari, ‘Si dukun cilik’ asal Jombang? Saat Ponari lagi naik daun, masyarakat (terutama dari desa) berduyun-duyun ikut antri. Perjalanan ratusan kilo meter ditempuh untuk mendapatkan air yang sudah dicelupkan batu milik Ponari. Kok bisa ya? tanpa minum obat secara rutin, seteguk air tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit?