Bagaimana Membuat Panduan Blog Beserta Artikel SEO? Berikut penjelasannya

Posted by with No comments
Panduan membuat blog bagi pemula patut segera dipraktekan langsung karena jika harus belajar memahami tentu anda akan mengalami kesulitan. Kali ini, akan dijelaskan bagaimana membuat panduan bloh beserta artikel SEO. karena tanpa artikel seo, bisa jadi postingan ayang anda tulis lama terdeteksi mesin penelusuran google. 

Pertama kali, mantapkan niat anda kenapa anda harus punya blog dan siap dengan aktivitas blogging. Jadikan kegiatan blogging menyenangkan, sebagai sarana hiburan ditengah rutinitas pekerjaan yang tak kunjung selesai. Nah, kali ini membahas membuat blog secara gratis ada pilihan berikut:

– Blogger.com
– WordPress.com
– Blogdetik.com
– Blog-roll.info
– Wordblog.pl
– dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan belajar bagaimana belajar membuat blog dari blogger.com

Pertama, buatlah alamat email dari gmail. Klik www.gmail.com. Isi beberapa kolom yang memang harus diisi hingga anda mendapatkan kode verifikasi. Nah, anggap saja anda sudah punya akamat email ya (lain kali akan dibahas)

Kedua, buka www.blogger.com klik blog baru, kemudian akan muncul seperti ini

panduan membuat blog bagaimana membuat blog artikel seo


Isi semua kolom yang diminta sesuaiak dengan tujuan membuat blog tersebut. Kemudian pilih template sesuaikan dengan selera anda. Dalam menentukan alamat blog nanti akan ada available jika sudah ada yang pernah mendaftar. Ikuti tahapannya dan silahkan berkreasi dan jangan takut salah

Jika sudah selesai, saatnya anda membuat artikel seo

panduan membuat blog bagaimana membuat blog artikel seo

Bagi pemula, sebenarnya artikel seo ini belum begitu penting ya. Pastikan anda menyukai kegiatan menulis apasaja tentang banyak hal yang anda ketahui. Selebihnya bisa anda optimasi menggunakan trik seo.

Untuk mengetahui seberapa besar sebuah artikel itu banyak dicari orang. anda harus melakukan riset terlebih dahulu melalui google keyword planner. Misalnya sudah anda tentukan "Tips Berenang untuk Anak"

yang harus anda lakukan dalam membuat artikel seo adalah;
1. Buat judul yang menarik dan membuat orang penasaran ingin membuka dan memabca pstingan anda
2. Gunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Jika anda bertele-tele dalam menjelaskan berarti pemahaman anda terhadap apa yang anda tulis sangat diragukan. 
3. Letakan kata kunci yang sudah anda daoatkan pada tiga tempat, awal paragraf, tengah dan akhir. 
4. Aktifkan deskripsi penelusuran
5. Tulis kata kunci pada keterangan label. 
6. Cek kembali tulisan sebelum anda publish, maksimalkan tulisan dengan baik

Artikel seo bertujuan untuk mengenalkan sebuah tulisan  ke mesin penelusuran. jadi, selain menulis sesuai dengan kehendak hati anda bisa maksimalkan trik seo yang sebenarnya mudah dilakukan.

Berikut video membuat blog versi youtube dari seorang blogger. Selamat praktek dan bereksperiment  yah






Video Ngetos Candi Ngetos Dari Nganjuk Kota Angin

Posted by with No comments
Candi ngetos merupakan candi bercorak hindu yang berada di desa Ngetos Nganjuk kota angin. Cadni tersebut digunakan sebagai tempat pemakaman dari raja Hayam Wuruk dari Majapahit. Saat saya mengunjungi candi ngetos, sudah tidak utuh lagi, candi ini terletak di sekitar rumah warga. Candi ngetoos ini sulit dikenali wujud aslinya karena memang terbuat dari susunan batu bata yang rapuh dan rusak. 

Ada empat buah relief yang ada di candi ngetos ini, sekarang sisa hanya satu saja. Lainnya telah hancur, terdapat jendela kecil berhias belah ketupat. dindingnya tampak kosong tidak ada relief penting hanya ada motif daun. 

Yang agak menakutkan adalah bentuk wajah yang masih utuh disebelah selatan. motifnya besar berukuran tinggi 2 x 1,8 meter. Hal ini menunjukkan adanya kewibawaan yang besar dan bentuk penolakan bahaya. Berdasarkan referensi, motif seperti ini memang khas India kemudian masuk ke Indonesia pada saat Hindu masuk ke Indonesia. Biasanya anda akan menemukan motif seperti ini pada candi candi lainnya yang bermotif hindu, 

Ini penampakan nyata-nya (saat menulis ini pun saya agak ketakutan. hehe)



Lebih jelasnya, silahkan simak video ngetos berikut; 



Lokasi candi ngetos ini ada di  di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, sekitar 17 kilometer arah selatan kota Nganjuk. Bangunannya terletak ditepi jalan beraspal antara Kuncir dan Ngetos Lokasi ini dekat dengan air terjun sedudo lho, jika temen-temen hendak ke Nganjuk atau lewat Nganjuk bisa mampir ke rumah saya ya....


Candi Lor, Candi Plaosan Lor Nganjuk Kota Angin

Posted by with 2 comments
Candi lor tidak seperti candi pada umumnya yang terbuat dari batu. Candi palosan lor terbuat dari batu bata merah. karya seni ini menjadi bukti sejarang berdirinya kota Nganjuk, Lebih tepatnya tanggal 10 April. Candi lor bercorak Hindu, dilancir dari wikipedia, raja Mataram Hindu memerintahkan Rakai Hinu untuk membangun sebuah bangunan suci bernama Srijayamerta. Tujuannya, sebagai tanda penetapan kawasan anjuk ladang yang kini bernama Nganjuk. Jika anda ke sini, akan mengetahui historis seputar kota angin. 

Candi lor candi plaosan lor rejo nganjuk

Area candi lor ini jika dilihat dari uar tidak tampak seperti obyek wisata karena candi sudah mengalami kerusakan dan tidak ada proyek pemugaran sama sekali karena memang candi ni terbuat dari batu bata yamerah yang sulit dibentuk kemabli beda dengan candi lain yang terbuat dari batu. mungkin jug karena pemerintah sengaja tidak melakukan perbaikan supaya tampak alami membuktikan adanya nilai sejarah . Candi ini berdiri atas tanah seluas 42 x 39,4 meter 91654 meter persegi), luas soebasemen (alas) 12,4 x 11,5 meter (142,6 meter persegi) dan tinggi candi lebih kurang 9,3 meter.
Candi lor candi plaosan lor rejo nganjuk

Candi rejo biasa orang menyebutnya, menjadi obyek wisata yang mengandung nilai sejarah. saat saya berkunjung ke sana sangat sepi, hanya ada 4 anak muda yang mojok sambil ngobrol. ada sebuah pos penjaga yang digunakan sebagai tempat tinggal (karena ada kasur juga dalam pos tersebut)

Jalan menjunu candi lor sangat mudah dijangkau, lebih muda naik kendaraan pribadi kalaupun anda nik bis bisa turun di dekat Loceret. Candi lor Nganjuk juga kerap disebut candi boto. terlihat seperti tumpukan bata merah. ada dua arca yang ada di dalam candi tapi sudah dipindahkan ke musemum Anjuk Ladang supaya terjaga keamanannya. 

Seperti halnya cerita candi yang lain, sebuah lokasi yang terdapat candi menandakan adanya kehidupan makmur di sekitar area. di candi lor ini, akan akan menemukan eksotika alam di sekelilinginya. karena candi lor terletak di tengah persawahan warga. 

Smbil menikmati alam, akan amenikmati sepoinya angin yang bertiup ketika matahari menyengat. kebetulan saat saya datang ke candi lor memang tepat pada jam 12.00 siang jadi slumayan panas dan bawa anak-anak makin terasa panasnya. hehe #karena si kecil minta gendong terus. Anda akan disambut pula dengan juru kunci yang memahami cerita peninggalan bersejarah tersebut. ada Mpu Sendok yang merupakan raja dari kerajaan mataram kuno. 

Di era modern seperti sekarang, candi lor masih digunakan sebagai tradisi ritual warga sekitar. Masyarakat sekitar Nganjuk juga masih menghargai nilai-nilai budaya serta warisan sejarah tempat tinggal mereka sendiri dengan cara ikut serta menjaga candi ini agar tetap lestari dan bisa dijadikan objek wisata yang indah dan diminati banyak orang.



Anjuk Ladang, Tempat Wisata di Nganjuk Kota Angin

Posted by with 2 comments
Tempat wisata di Nganjuk kota angin selalu menjadi primadona warga Nganjuk setempat. Seperti, tempat wisata alam seperti Air terjun sedudo. Kali ini, saya tidak menceritakan tempat wisata alam seperti sedudo karena memang ditinjau dari segi lokasi, air terjun sedudo sangat sulit dijangkau. Apalagi untuk segmen anak balita atau orang tua. Ada satu tempat wisata yang sering dikunjungi keluarga Nganjuk atau sekitarnya yang menyediakan banyak permainan dan menyajikan eksotika alam yaitu Tempat Wisata Anjuk Ladang. 

nganjuk kota angin banyak tempat wisata alam

Anjuk ladang merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terjangkau di tengah perkotaan Nganjuk kota angin. Tempat ini cocok untuk keluarga yang ingin menikmati liburan bersama keluarga tanpa harus mengeluarkan kocek dalam- dalam, mudah terjangkat ditengah perkotaan dan terdapat aneka permainan yang sangat disukai anak balita.

Usai anda mengantri tiket, anda akan memasuki gerbang pintu masuk. disambut rindangnya pepohonan dan akan terdengar riuh suara anak berterika kegirangan. Selain itu, suara lengkingan besi dari banyaknya alam bermain seperti jumpang jungkit, ayunan, plorotan dan masih banyak lagi turut meramaikan tempat wisata ini. Tidak ketinggalan lagi, sebuah area kolam renang untuk anak dan dewasa juga bisa anda nikmati. 

Saat saya dan keluarga ke sana, tujuan utama awalnya berenang, namun karena si sulung jarang kami ajak ke sana akhirnya banyak permainan yang harus ditebus dengan uji coba. Yah, tidak jadi ngirit dong. Tapi tidak apa lah, kan tidak sering-sering lburan seperti ini apalagi harganya lumayan terjangakau ketimbang kami rekreasi ke Malang sekelas Jatim Park. 

nganjuk kota angin banyak tempat wisata alam

Rata-rata permainan yang dicoba anak-anak adalah naik motor mini bayar 6.000/pemakaian (tidak dihitung per jam) sesuakanya anak-anak, samai mereka puas, Naik kereta kelinci bayar 3.000/3 kali putaran area taman, naik kuda 10.000/ anak tiap satu putaran. Naik kuda ini yang paling saya suka karena jarang sekali mereka merasakan naik kuda. Bukannya, seusia mereka memang seharunya harus dilatih naik kuda? tapi kali ini kudanya tidak lari lho, hanya jalan aja dibantu baoak penjaga yang memang merawat kuda. Jadi, anda tidak perlu khawatir kalau anaknya bakal jatuh. 

nganjuk kota angin banyak tempat wisata alam

Pokoknya menyenangkan jalan-jalan ke sini, uang saku 100.000 itu cukup banget lah buat nyenengin anak-anak, malah emak bapaknya bisa icip kuliner juga. Namun, ada beberapa catatan untuk pengembangan tempat wisata di Nganjuk kota Angin. Sayang banget, belum diurus secara profesional. entah kenapa manajamen internal pengelola wisata ini atau kurangnya dukungan dari pihak pemerintah yang seolah membiarkan tempat wisata ini berjalan apa adanya. 

nganjuk kota angin banyak tempat wisata alam

Ada juga penampakan hewan-hewan yang "terpenjara"seperti monyet, burung kasuari, kucing, ayam, bebek dan masih banyak lagi. Mungkin mau dikonsep seperti kebun binatang ala taman safari tapi versi mini. jadi ya, githu...anak seneng sih lihat hewan-hewan itu tapi saya kasihan karena pemeliharaan hewan tampak asal-asalan. Hewan tampak kurus dan tidak terurus. 

Ya meski murah setidaknya ada pengembangan yang baik lah, soalnya dari tahun ketahun perasaan memang tidak berubah padahal kalau dibandingkan dengan kota kediri jauh berkembang lebih pesat. Kota Nganjuk itu jadi tempat masa kecilku, jadi memang menyimpan kenangan tersendiri. 

Semoga ya, pemda Nganjuk semakin amanah supaya tatanan kota dan segala macam isinya dikelola dengan baik dan warga Nganjuk merasa bangga memiliki kota angin. Bagi anda, yang bingung nyari tempat rekreasi. anda bisa mencoba datang ke tempat wisata Anjuk ladang di Nganjuk Kota Angin. Selamat bergembira dengan keluarga




Soto Dok Lamongan Ada di Kota Nganjuk

Posted by with No comments
Info kuliner yang satu ini memang agak unik bagi saya pribadi,  Soto dok Lamongan yang khas dengan dok dok dok suara botol saat penyajian. Soto dok Lamongan tidak hanya bisa anda nikmati di kota Lamongan? Anda warga Nganjuk bisa menikmati Soto dok tanpa harus pergi jauh ke kota Lamongan. Sama seperti soto pada umumnya soto memiliki rasa khas yang segar? Ada soto babat.. soto daging sapi, soto ayam dan lainnya. Keunikan dari soto dog ini adalah suara dok dari botol kecap? 

info kuliner soto ayam soto danging sapi soto daging bening
Add caption

Awal mula mengenal soto dok saya lihat dari liputan televisi tentang  usaha kuliner. Kebetulan waktu itu membahas tentang soto dok yang ada di Lamongan? Nah.. ceritanya nih saat melewati kota, Nganjuk, berhenti di depan lampu lalu lintas. Ada ruko yang berbunyi dak dok ngalahin klakson suara kendaraan yang berhenti. Apaan sih, "pikir saya sambil menengok ke arah suara. Wow, ternyata ada yang menyajikan soto. DUH, bareng suara krucuk dari perut saya. 

Banyak pasang mata, yang akan disilaukan dengan spanduk luar rumah makan soto dok... banner promo yang dipajang di depan ruko terpasang lebar dan besar. Dilihat, dari, lokasinya. Lumayan strategis karena berada tepat diperempatan. Saat lampu merah menyala. Kendaraan yang berhenti akan mencari bunyi dok dari tempat penyajian para karyawan soto dok. Belum lagi. Aroma soto bisa memanjakan hidung dan bakal menggerakan lidah anda untuk mencicipi soto dok Lamongan.

Langsung cuuuush, saya dan keluarga belok kiri dan mencari parkiran yang aman. Ini kesempatan banget ngobati rasa penasaran saya sama soto dok. Setelah menunggu 5-10 menit, soto dataaang.

Hmmm....Yummy

info kuliner soto ayam soto danging sapi soto daging bening

Tuh, melihat penampilan soto daging bening kayak githu memang cocok dengan selera saya. Sotonya bikin nagih dan tidak eneg. Biasanya memang soto yang agak kental ditambah santan atau kemiri. Namun, kali ini sotonya memang bening. Cocok lah dengan lidah saya yang suka kuah bening-bening.

Nah, buat temen-temen yang melewati jalanan anjuk ladang. Jangan lupa mampir ya, rasakan sensasi suara dok dok yang sotonya siap goyangin lidah. Sekian ya info kuliner nya semoga bermanfaat

Gambar Candi Prambanan

Posted by with No comments
Gambar candi Prambanan berbentuk persegi panjang, terdapat halaman luar dan 3 pelataran. Pelataran luar, Pelataran tengah dan pelataran dalam. Nah, sebelum menjelaskan bagaimana kondisi masing-masing pelataran. Coba lihat gambar candi Prambanan dibawah ini yang diambil dari atas; 


Pelataran bagian luar berbentuk bujur 390m2. Dulu, terdapat pagar batu yang emngelilingi namun kini tinggal reruntuhan. pelataran juga kosong, belum diketahui apakah dulu bangunan atau ada hiasan lain.

Pelataran bagian tengah, berbentuk persegi panjang 222 m2. Pagar batu dulu pernah menjadi hiasan namun kin sudah runtuh. terdapat teras yang semakin tinggi semakin berundak. 
Teras 1: terdapat 68 candi kecil
Teras 2; terdapat 60 candi kecil
Teras 3: terdapat 52 candi kecil
Teras 4; terdapat 44 candi kecil

Luas denah 6 m2 dan tinggi 14m, Hampir semua candi kecil yang ada di pelataran tengah hancur, yang tersisa hanya reruntuhan saja. 

Pelataran Dalam letaknya paling tinggi dan dianggap tempat yang paling sakral. bagian ini berbentuk persegi empat seluas 110 m2 tinggi 1,5m dari permukaan teras teratas pelataran tengah. Dikelilingi pagar batu, Gapura paduraksa mengelilingkeempat sisi. Gapura selatan masih utuh. Ada juga sepasang candi kecil yang berada di depan masing gerbang pelataran teratas, berbenah bujur sangkar dengan luas 1,5m2 dan tinggi 4 m. Ingin tahu bagaimana Sejarah Candi Prambanan, cerita dan asal usul candi prambanan? 

Peninggalan sejarah satu ini merupakan candi bercorak hindu yang memiliki ciri khusus yakni bagian atas  meruncing. Seperti halnya candi lainnya, tempat ini menjadi tempat suci dan sakral untuk beribadah. Dibalik pendirian candi, ada sebuah peradaban atau dinasti yang berkuasa dan menjadi legenda sejarah candi prambanan. 




Sejarah Candi Prambanan, cerita dan asal usul candi prambanan

Posted by with No comments
Sejarah Candi Prambanan - Sejarah candi prambanan bercorak hindu ini dibangun pada abad ke 9. Pada saat itu raja Balitung Maha Sambu dari Wangsa Sanjaya yang berkuasa. Berdasarkan prasasti Syiwagrha  tahun 778 Saka (856 M) yang kini tersimpan di Museum Nasional di Jakarta, candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan. 

Proses pemugaran candi prambanan tidak kunjung selesai, berikut tahapan pemugaran pada saat itu;
  • Tahun 1733 C.A Lons melaporkan adanya reruntuhan bangunan candi yang terbesar yaitu Candi Syiwa
  • Tahun 1885 Pengawasan Groneman melakukan penggalian dan pencatatan pertama, sekaligus memberishkan semak belukar dan mengelompokkan batu-batu reruntuhan candi. 
  • Tahun 1902 Van Erp melanjutkan upaya Groneman ditambah mengelompokan dan mengidentifikasi batu reruntuhan secara detil. 
  • Tahun 1918 Dinas Purbakala (pimpinan P.J Perquin) melanjutkan pemugaran. Sebagian candi Syiwa direkontruksi kembali. 
  • Tahun 1926  Dibentuklah panitia pemugaran yang saat itu dipimpin De Haan, tugasnya melanjutkan tugas Perquin. Candi Syiwa semakin disempurnakan dan dibangun candi Apit 
  • Tahun 1931 V.R Romondt menggantikan De Haan yang telah meninggal. 
  • Tahun 1932Candi Apit berhasil diselesaikan
  • Tahun 1942 Pemugaran dihentikan, ketika itu Jepang mengambil alih pemerintahan di Indonesia
  • Tahun 1953 Pemugaran candi Syiwa dan Candi Apit telah selesai. 
  • Hingga kini, pemugaran terus dilanjutkan secara bertahap. 

Asal usul candi Prambanan 


Dahulu kala, ada dua kerajaan besar yang ada di pulau Jawa Tengah. Yaitu kerajaan Pengging oleh Raja Pengging dan Kerajaan Prambanan oleh Prabu Baka. Pada saat itu, Prabu Baka dikenal memiliki karakter yang sangat kejam, bertubuh besar dan kesaktian luar biasa. Dalam rangka mempertahankan kesaktiannya, Parbu Baka selalu mengadakan upacara rutin sesembahan dengan mengorbankan manusia. Prabu Baka memiliki seorang putri yang sangat cantik parasnya yaitu Putri Rara Jonggrang. 

Bala tentara dari Kerajaan Prambanan selalu menggangu rakyat dari kerajaan Pengging. Sang Raja Pengging dibuat sedih atas ulah mereka. Hingga akhirnya, ia akan menjajah penguasa kerajaan Prambanan meski kekuatannya tidak akan sanggup mengalahkan kerajaan Prambanan yang begitu kuat. Kemudian, yang dilakukan Raja Pengging, menyuruh putranya yakni Raden Bandung. Si Raden disuruh bertapa memohon kekuatan kepada Dewa.  

Kesaktian pun berhasil didapat Raden Bandung berupa kesaktian dari jin yang bernama Bandawasa. Sejak saat itulah, namanya berubah menjadi Raden Bandung Bandawasa. Strategi pertemperan pun mulai direncanakan untuk bertempur dengan bala tentara kerajaan prambanan. Akhirnya, pertarungan sengit pun terjadi dan Parbu Baka sang pernguasa kerajaan prambanan tewas.

Pasca insiden tersebut, Raden Bandung mendirikan sebuah pemerintahan yang bernama Prambanan. Dan ketika itu pula Raden Bandung bertemu dengan si cantik jelita putra Prabu Baka. Raden pun jatuh hati dengan sang putri dan ingin meminangnya. Namun, cinta pun bertolak sebelah tangan. Rara Jonggrang tidak ingin diperistri oleh seorang pembunuh, yang telah membunuh ayah kandungnya. 

Rara Jonggrang tidak menolak mentah-mentah, namuan secara halus Rara Jonggrang mengajukan sebuah persyaratan jika disetujui maka Raden Bandung harus bisa membuat 1000 buah candi dalam waktu satu malam. Si Raden pun menyetujui, dan ia bergegas pergi ke sebuah lapangan dekat prambanan. Ia memanggil jin Bandawasa peliharaannya. Ia pun memerintahkan jin membuat 1000 candi seperti yang diinginkan Rara Janggrang. 

Jin segera memerintahkan teman, jin untuk membantu dan bekerjasama. Mereka pun bergegas menyelesaikan tugas membangun 1000 candi. namun, lewat tengah malam, Rara Jonggrang mengendap-endap ingin menyaksikan pekerjaan Raden Bandung. Spntan sangat kaget, karena hampir 1000 candi terbuat. Karena tidak ingin dinikahi pembunuh ayahnya, ia memabngunkan orang desa untuk memukul alu (penumpuk padi) supaya ayam  berkokok dan menandakan pagi.  

Ketika itu, 999 candi sudah terselesaikan oleh Jin Bandawasa beserta anak buahnya. mereka pun berhamburan pergi Raden Bandung bersiap diri menghadap Rara Jonggrang karena kegagalannya. Fajar pun ditunggu tak kunjung datang, hingga akhirnya Raden Bandung melihat keanehan dan menyelidikannya. Kenapa ini bisa terjadi? 

Rara Jonggrang tidak mampu menyembunyikan kecurangannya, dan Raden Bandung sangat marah. Tak butuh waktu lama, Rara Jonggrang dikutuk menjadi arca. Hingga saat ini, ada di candi Rara Jonggrang berada di kompleks candi Prambanan. Tidak hanya Rara Jonggrang, perempuan yang ada di desa itu dikutuk menjadi perawan tua.

Asal-usul sebuah cerita bersejarah merupakan sebuah legenda yang tidak ada seorang pun bisa menjamin kebenaran akan suatu cerita. Candi merupakan peninggalan bersejarah pada puluhan abad yang lalu, postingan seputar  Pengertian Candi

Akan membawa anda pada sebuah pemahaman tentang aset kebudayaan Indonesia yang ada hingga kini. Dan, harus kita lestarikan. Jangan sampai peninggalan karya seni nenek moyang terdahulu tidak bisa dinikmati anak cucu generasi masadepan.



Candi Ngawen, Si Mungil Rapuh Dikelilingi Eksotika Alam

Posted by with No comments
Candi ngawen kurang begitu populer bagi penikmat wisata, candi yang bercorak budha tersebut terletak di Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Namun, sebagian masyarakat Magelang juga tidak terlalu kenal dengan candi Ngawen. Lokasi candi Ngawen sebenarnya sangat mudah dijangkau dari kawasan perkotaan.

Ditinjau dari sejarah, Belanda menemukan Candi Ngawen kemudian dipugar pada tahun 1911. Candi Ngawen dibangun pada Abad 8 dinasti Syailendra (Budha) dan dinasti Rakaipikatan (Hindu). Karena dibangun oleh kedua umat ini candi Ngawen juga dijuluki sebagai candi peralihan. 


Dari sisi bentuk dan arsitek, candi Ngawen mirip candi bercorak Hindu yang meruncing, namun khas candi bercorak budha yang berwujud stupa dan berundak-undak lebih mendominasi. Candi Ngawen sangat mirip dengan candi Mendut. Jika anda belum tahu seperti apa candi mendut, simak postingan berikut ini


Kesamaan candi Ngawen akan anda lihat karena candi mendut merupakan rangkaian candi yang bercorak budha sekitar 5 kilometer dari candi Ngawen. Seperti halnya candi mendut, candi Ngawen berfungsi sebagai tempat peribadatan umat Budha. Namun, jika candi lainnya sering digunakan tiap pekan, candi Ngawen hanya digunakan saat perayaan hari raya Waisak saja. 

Pada zaman dahulu, candi merupakan sebuah bangunan yang sakral. Candi terpelihara dengan baik karena menurut kepercayaan umat Budha dan Hindu, candi adalah tempat bersemayam para dewa. Jika dalam perjalanan waktu, candi rusak tidak utuh lagi dan kerap mengalami pemugaran itu karena diakibatkan bencana alam ataupun ulah manusia yang tidak bertenggung jawab akan kelestarian budaya bangsa. 

Candi Ngawen nyaris terabaikan karena dari sisi renovasi, candi Ngawen tidak pernah direnovasi seperti halnya canci-candi besar yang dilakukan berulang, Candi Ngawen hanya sekali dipugar dan sudah hampir seabad berlalu lamanya. Candi Ngawen memang agak terlantar karena pihak pemerintah menilai kelayakan renovasi belum terpenuhi. Misalnya, batu-batu candi banyak yang hilang. Seharusnya memang untuk memenuhi persyaratan pemugaran, candi harus memiliki kelengkapan batu.

Sebenarnya, candi Ngawen berdiri pada area yang lebih luas dari pada Candi Menddut. Suasana Alami candi Ngawen sangat memanjakan mata pengunjung. Pesona candi makin cantik karena dikelilingi sawah yang membentang hijau. Candi Ngawen berpotensi menjadi obyek wisata yang bagus jika dikembangkan dengan baik. lokasi terbingkai alam. Daerah sekitar candi Ngawen juga bisa didesain sebagai desa wisata. Potensi dari peninggalan purbakala yang masih terabaikan oleh pemerintah dan masyarakat setempat semoga segera bisa menjadi sumber devisa, setidaknya bermanfaat untuk menggerakkan roda perekonomian desa setempat.

Jika ingin ke candi Ngawen, berikut peta lokasinya




Candi Kalasan, Bukti Toleransi Umat Budha dan Hindu

Posted by with No comments
Candi kalasan termasuk dalam kategori candi umat budha yang terletak di desa Kalasan, kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta Jawa Tengah. Candi berdiri pada tahun 777 saka atau 778 M. Candi kalasan merupakan candi tertua di Yogjakarta dan Jawa Tengah. Latar belakang cerita candi kalasan adalah untuk menyembah Dewi Tara, candi ini didirikan Rakai Panangkaran dinasti Sanjaya. Namun, tidak dIgunakan mereka karena beragama Hindu. Usut punya usut, Rakai dibujuk gurunya yang beragama Budha. Oleh karena itu, candi kalasan menjadi bukti adanya kerukunan antar umat Hindu dan Budha pada masa itu.


Berdasarkan hasil penelitian para ahli arkeologi, pada candi kalasan terdapat prasasti yang berhuruf pre Nagari, bahasa sansekerta. Sang guru berhasil membujuk muridnya untuk membuat bangunan suci bagi Dewi Tara beserta biaranya sebagai hadiah. Meski ada yang menyebutkan candi kalasan adalah candi tertua, ada sejarahwan dari Belanda yang memiliki pendapat berbeda. Ada bangunan suci berbentuk wihara ukuran 45 x 45 meter yang mengalami tidak kali perbaikan.  Candi kalasan terdapat Bajralepa pada penutup candi, seperti pelsteran uikran batu halus. Bajrarepa ini sisi keunikan canda kalasan yang juga dimiliki Candi Sari. 

Persegi bentuk dari candi Kalasan, bagian atap puncak berbentuk dagoba (stupa), segi delapan. Kini kondisinya sudah rusak. sisa bagian selatan yang utuh, arca perunggu juga lenyap. Ukiran indah menghiasi tubuh dan atap candi. ada juga arca Gana, patung manusia kerdil berperut buncit yang biasa memikul barang. Dari beberapa sumber referensi, hiasan yang ada di candi kalasan dibuat dengan cukup rapi, hal ini menunjukkan kecakapan para pemahat dan ahli plester pada masa itu sangat mumpuni. 

Candi kalasan telah beberapa kali menagalami pemugaran, bahkan pernah ditutup seluruhnya oleh stucco. penghalusan bagian candi terbuat dari batu kapur. Jadi bangunan yang ada sekarnag tidak lagi asli. Meski demikian, candi kalasan tetap memikat hati para wisatawan dengan eksotika karya seni berpadu dengan keindahan alam. Anda bisa menikmati candi dari bagian selatan. Terlihat Banaspati besar, lajur tegak lurus berhias sulur, makara yang menjadi karya seni terbaik pada masa Hindu. Candi tersusun dengan amat rapi dari bebatuan saling terkait dan melebar.

Lokasi candi kalasan tidak jauh dari candi mendut, karena memang lokasi Jawa Tengah banyak sekali candi-candi berdiri. Jika anda ingin ke candi Mendut, jangan lupa baca postingan di bawah ini;


Candi mendut merupakan oyek wisata yang juga asyik dikunjungi. candi unik berbentuk kubus namun bagian atas sudah tidak lagi utuh. Jika anda melakukan perjalanan ke candi Borobudur, anda akan menikmati eksotika karya seni nan hijau dari kejauhan. Adanya candi di Indonesia, termasuk candi kalasan membuktikan bahwa bangsa Indonesia pernah dipimpin kerajaan bercorak Hindu dan Budha. Peninggalan sejarah adalah aset yang harus dijaga oleh generasi masa kini.

Bila anda ingin berkunjung menikmati wisata candi kalasan, berikut denah peta nya....






Candi Mendut, Si Kubus yang Tak Lagi Utuh

Posted by with No comments
Candi mendut bisa anda nikmati ketika tengah perjalanan menuju candi borobudur. Di pusat Kota Yogyakarta ke arah Magelang akan disajikan pemandangan candi yang tampak seperti kubus,  tidak utuh. Candi mendut merupakan candi bercorak Budha yang biasa digunakan sebagai tempat yang sangat sakral yakni upacara pemujaan.


Jika dilihat dari sejarah, Candi mendut berasal dari kata venu vana mandira yang artinya candi berada di tengah hutan bambu. Namun, sebagian peneliti tidak sepakat dengan nama tersebut karena lebih cocok disematkan pada candi Ngawen. Pada masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra, candi mendut ini berdiri. Raja Indra telah membangun ssebah bangunan yang bernama bangunan wenumana artinya hutan bambu. Ahli arkeolog dari Belanda, J.G de Casparis menggabungkan kedua nama menjadi candi mendut (tertulis dalam prasasti Karangtengah bertarikh 824 Masehi)

Ssperti halnya, candi yang lain, candi mendut menyimpan sejarah tersendiri. Pada relief menceritakan kisah dewa budha. Relief dewi Tara diyakini sebagai sakti budha. Relief Awalokiteswara di sebelah timur, kisah Manjusri di sebelah selatan dan relief raja-raja dari dinasti Sailendra. candi mendut sendiri semuanya menghadap ke Barat 

Uniknya lagi, relief cerita Jetaka terdapat pada dinding tangga candi mendut. Cerita Jetaka tersebut dalam masyarakat juga dikenal cengan sebutan cerita Tantri yang menceritakan makhluk kayangan seperti bidadari. Bila anda kesana, masuk ke dalam ruangan candi, anak akan melihat patung budha Cakyamuni dengan posisi tangan dalam sikap Dharmacakraprawartana Mudra. 

Dilihat dari jauh, candi mendut berbentuk seperti kubus yang bagian atas hilang atau tidak utuh karena sempat runtuh dan sampai sekarang belum diperbaiki kembali. Beberapa kali memang mengalami pemugaran. Bahkan, bagian dasar, candi terbuat dari batu bata kemudian berlapis batu asli. Jika anda ke sana tanpa membawa bekal, santai saja, di sekitar candi anda bisa belanja apa saja termasuk pernak pernik khas Yogyakarta.  Meski candi tidak lagi utuh, candi mendut merupakan obyek wisata yang sangat asyik dikunjungi karena suasana di sekitarnya nyaman dan asri. Ingin tahu seperti apa candi mendut? Silahkan menikmati video candi mendut di bawah ini;





Supaya tidak nyasar, silahkan cek alamat candi mendut di sini ya....


CANDI

Posted by with No comments
Candi adalah bangunan yang digunakan untuk beribadah peradaban Hindu-Budda peninggalan purbakala. Dahulu, bangunan candi digunakan sebagai tempat pemujaan untuk memuliakan Buddha. Banyak situs-situs yang menjelaskan bahwa candi bukan hanya sebagai tempat ibadah saja namun juga disebut sebagai istana (kraton), pemandian (petritaan) atau gapura. 


Candi adalah bangunan replika tempat tinggal para dewa. Memiliki, seni arsitektur yang dihias dengan aneka ukiran dan pahatan. Ada pesan yang disampaikan melalui seni arsitekturnya. Ditambah pula, arca-arca yang tidak lepas dari unsur spiritualitas, daya cipta dan ketrampilan para pembuatnya. Selian itu, ada unsur penting dalam candi yang  melambangkan alam semesta, memiliki 3 bagian;
1.kaki candi sebagai lambang alam bawah tempat manusia hidup
2 Tubuh Candi artinya manusia meninggalkan keduniawian dalam keadaan suci ketika menemui Tuhannya
3. Atap  (puncak) sebagai tempat dewa-dewa

Contoh bangunan candi yang dibangun dengan sangat megah adalah candi borobudur dan candi prambanan. Kedua candi tersebut dibangun secara detil, kaya akan hiasan yang mewah, estetika luhur dan teknologi maju yang sesuai dengan pekermabngan zaman saat itu. Bangunan ini menjadi bukti bahwa kebudayaan dan peradaban nenek moyang sangat tinggi. Itu hanya dua candi yaang terkenal, ada banyak candi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Di Indonesia, candi bisa ditemukan di Jawa, Sumatera dan Kalimatan. Namun, candi-candi di Jawa tengah dan Jawa timur lebih banyak ditemukan. Dalam sejarah Indonesia, kurun abad ke-8 hingga ke-10 tercatat sebagai masa produktif dalam pembangunan candi. Kenapa hanya pulau tertentu yang bisa menciptakan karya cipta arsitektur bernilai tinggi seperti candi? Karena hanya peradaban yang makmur dan terpenuhi kebutuhan sandang dan pangan yang bisa membuatnya. 

Kenapa saya tiba-tiba menulis tentang candi? 
- Mungkin ini jawaban perenungan saya mencari kata kunci, berharap blog gado-gado ini mudah dikendalikan. hehe,

- Usai blogwalking di blog temen yang ternyata juga mengupas seputar candi. Dan, kutemukan ada banyak hal yang sangat unik untuk diketahui

- Tinggal di Kediri dan dekat kota Nganjuk, ternyata banyak banget lho candi-candi kecil yang punya cerita sejarah. Jika anda mampir ke Kediri, jangan lupa baca postingan dibawah ini 


Objek wisata yang satu ini juga tidak kalah menarik. Pada monumen terdapat pahatan relief yang memiliki estetika dan nilai sejarah tentang awal mula adanya Kediri. Namun, bangunan ini tampak modern dipadu dengan taman rekreasi dan desain simpang lima yang megah dan lampu malam dengan ragam bentuk. Ingin tahu, candi apa lagi yang akan saya tulis? cek terus wisata candi di blog ini yah 


Bisnis Makanan Online yang Menjanjikan

Posted by with 2 comments
Bisnis makanan yang menguntungkan- Bisnis yang menjadi referensi bagi siapa saja yang memiliki modal kecil. Menjadi pengusaha sukses tidak hanya bermodalkan uang banyak. bisnis terbaik adalah bisnis yang bisa anda jalankan dengan merintis dari nol atau sedikit modal. Untuk meminimalisir modal, anda bisa mencoba memasarkan produk makanan anda via online sekaligus pelayanan delivery order. Nah, bisnis makanan apa saja yang cocok dijual online? 

1. Camilan

Jangan anggap remeh camilan jadi barang dagangan. Dengan tangan kreatif, anda bisa menjadikan cemilan jadi lumbung uang secara online. banyak kalangan pebisnis yang telah sukses menjual produk camilab misalnya goedangoleholeh.com. Bermula dari lancaranya usaha camilan sistem jual beli secara fisik. goedang oleh oleh ini merambah ke jual beli online. ada juga, toko puding yang menjual online. produk olahan yang kelihatan remeh ternyata bisa dijalankan via online dengan keuntungan yang menjanjikan. 

2. Kue Kering dan cake


Siapa yang tidak tergoda melihat penampakan kue manis si brownis, cupcake, tart dengan ragam bentuk unik, donat dan atau kue kering yang saat lebaran juga diburu banyak orang. Oleh karena itu, jika anda memiliki jaringan pemasaran via offline bisa anda jalankan via online. bisnis kue kering atau cake memiliki potensial yang luar biasa. Contohnya; minilovebites.com. sebuah website yang benar-benar fokus menjual produk cupcake. 

3. Frozen Food

Di era digital seperti sekarang, banyak sebagian karyawan yang lebih memilih makanan cepat saji yang sudah disimpan di lemari es. untuk mengehmat waktu persiapan saraan atau makan malam. anda bisa mengambil peluang iini untuk membuka usaha makanan frozen food via online. Aneka olahan daging, ikan dan sayuran yang dibekukan biasanya dijadikan pilihan ibu-ibu pekerja yang tidak memiliki waktu banyak untuk masak di dapur. Anda bisa memberikan pelayanan delivery order. 

4. Makanan Catering

Anda punya keahlian memasak yang mumpuni? catering dalam julah besar bisa anda jalanan via onlie. mempersiapkan tim memasak, packaging, delivery. untuk memaksimalkan penjualan bisa anda pasarkan melalui media website, iklan, dan media sosial. Tentukan target konsumen anda dan bangun loyalitas karena bisnis catering ini bersifat kontinyuitas. dimana anda akan terus menerima orderan kembali. 

5. Minuman

Saat musim kemarau, anda bisa menjual minuman dengan pemasaran via online. Tentukan dulu minuman apa yang bisa anda buat, pelajari proses pengawetanya yang biasanya harus disesuaikan dengan kemasan. Anda bisa menjual kopi, teh, jus dan minuman khas cokelat. Adapun contoh toko online yang berhasil menjualproduknya melalui online seperti torajakoffie.com. Toko online tersebut menjual aneka jenis kopi kkhas toraja. Ada juga yang menjual es krim seperti deboliva.com bahkan sudah dikembangkan dalam bentuk cafe yang berada di mall-mall. 

Untuk mengembangkan bisnis online anda berkembang lebih cepat, anda harus melakukan persiapan yang matang meski dalam perhitungan modal jauh lebih hemat dari penjualan offline. Anda hanya butuh biaya domain hosting dan biaya iklan di media sosial. Sebelum anda promo pastikan produk anda enak, lezat dan nagih. Dengan begitu, hanya butuh waktu satu bulan anda sudah memiliki banyak pelanggan yang loyal.


Cara menulis artikel bagi pemula

Posted by with No comments
Cara Menulis Artikel – Artikel merupakan sebuah tulisan yang tersusun sesuai tata bahasa dan menyimpan informasi yang disampaikan kepada pembaca. Membuat sebuah artikel bagi pemula biasanya membutuhkan waktu yang lama bila dibandingkan dengan penulis yang sudah sering menulis. 

Tidak ada ketentuan mutlak seberapa banyak kata yang harus tertulis dalam sebuh artikel. Terkadang di sesuaikan dengan media yang memuat artikel tersebut. Misalnya, dalam artikel dalam postingan website, artikel memiliki jumlah 400-500 kata. Bisa lebih, maksimal 700 kata. Point penting dalam membuat artikel adalah tingkat pemahaman seorang penulis terhadap tema yang ditulis. Meski kadang, ada beberapa penulis yang bisa menulis tanpa memahami cukup menulis ulang, hasilnya akan beda.Bagi pembaca pun juga seperti itu. Sulit memahami artikel. Anda harus meng-upgrade kemampuan anda meliputi; 


Pertama, cara menulis artikel bagi pemula yang perlu ditekankan adalah memahami informasi pokok yang hendak disampaikan dan tata bahasa yang runut. Jika, tentang EYD masih belum menguasai tidak masalah. yang penting sambil menulis sambil belajar. 

Anda mungkin pernah membaca sebuah artikel yang terasa “garing”? Tulisan yang bertele-tele tanpa memahami maksud informasi pokok? Kemungkinan besar, si penulis juga tidak memahami isi artikel. Asal comot atau sekekdar re-write. 

Kedua, menulis artikel usai membaca banyak referensi. Anda penulis pemula yang bingung mau menulis? Karena anda mungkin kurang membaca. Jadi semua pikiran pokok yang ada dalam otak akan mengalir dengan sendirinya mellalui jari jari. Jika asupan otak anda dengan membaca tadi modal utama anda menulis. Ide-ide akan mudah anda sampaikan. 

Ketiga, cari role model dari penulis lama. Nikmati gaya bahasanya dan resapi, anda bisa meniru gaya bahasanya. Asalkan tidak plagiat atau hanya copy paste ide tulisan orang lain. 

Mungkin itu saja pembahasan tentang cara menulis artikel untuk pemula, jika ingin menghasilkan tulisan bagus ya, banyak baca dan menulis, menulis, menulis

Semangat mencoba

Cara Mendidik Anak yang baik, Ayah Punya Peran Penting

Posted by with No comments
Cara mendidik anak yang baik sebenarnya sangat mudah ketika ayah bunda memiliki ilmu dan skill. Terutama bagi seorang ayah yang menjadi kepala keluarga sekaligus kepala sekolah di rumah. Memang, ayah bertugas mencari nafkah, dan faktanya porsi waktu mengasuh lebih banyak ibu. 

Jika ayah bekerja hingga larut malam akan kehilangan masa kebersamaan dengan anak. Ayah harus pintar mengalokasikan waktu berkualitas dengan anak. 

Tahukah ayah bunda, anak membutuhkan kasih sayang keduanya. keterlibatan emosi akan tertanam karakter positif pada anak yang tidak mereka dapatkan di bangku sekolah. Anak yang dekat dengan anak akan menjadi anak-anak yang mental kuat jika ayah bunda menanamkan karakter positif kepada mereka.


Mendidik anak sesuai zaman sekarang, sangatlah sulit karena banyak sekali tantangan eksternal yang muncul seperti adanya internet, gadget, televisi dan pergaulan bebas. Ayah bunda harus kompak mengasuh anak, menerapkan program keluarga dari rumah dan disiplin melaksanakan program atas kesepakatan bersama. Berikut ini cara mendidik anak yang baik jika ayah terlibat mengasuh anak;

1. Supaya anak tampil percaya diri
Anak yang sering diajak bermain dengan ayah akan tampil percaya diri, bermain di tempat outdoor dan keterlibatan fisik seperti berlari, melompat, melempar atau memanjat. Ketika anak berhasil melakukan sesuatu, misalnya lari kencang, itu akan terpacu dalam diri anak. seolah ayah berkata, "Ayo Nak, kita menjelajah ke penjuru dunia, yakin dan percayalah dengan kemampuanmu"

2. Supaya anak lebih pintar
Dalam sebuah penelitian, anak yang diasuh ayah sejak dini memiliki kemampuan kognitif lebih baik di usia enam bulan pertama hingga tiga tahun. anak akan tumbuh menjadi sosok yang mudah memecahkan persoalan dengan baik. 

3. Supaya anak berani
Ayah mendorong anak untuk berani dan tidak takut mengambil resiko. Anak mudah mengatasi hambatan dan berani berbicara dengan orang yang ia kenal. Misalnya dengan kegiatan berenang, membuat anak berani menyelam lebih dalam. 

4. Supaya anak pandai bergaul
Bayi di usia 3 bulan pertama yang memiliki bonding yang baik dengan ayah akan menjadi anak yang pandai bergaul dan jarang memiliki masalah dengan temannya. Ketika dewasa jadi sosok yang bahagia. 

5. Supaya anak lebih disiplin
Ayah lebih mampu bersikap tegas pada anak ketika menegakkan disiplin. Biasanya ibu lebih meningkatkan sisi emosional dari logika. jika keduanya dipadukan akan menghasilkan hal yang efektif. 

6. Supaya Anak tidak takut mencoba
Ayah bisa mendorong anda untuk berani melakukan hal yang baru, mengeksplorasi kekuatan dalam diri. Daripada ibu, selalu ingin memberi rasa aman dalam pengasuhan anak. 

7. Supaya anak lebih toleran
Anak perempuan yang dekat dengan ayah akan memiliki tingkat kenyamanan lebih tinggi. Jika ayah terlibat mengasuh anak laki-laki, tidak akan bersikap egois. ketika dewasa nanti akan mudah menjadi anak yang pengertian dan toleran.

8. Supaya anak lebih spontan
Anak akan mendapat pengalaman baru jika didampingi ayah saat bermain. misalnya, ketika memasak di dapur, kompor tiba-tiba mati karena kehabisan gas. secara spontan ayah akan menggunakan api unggun, sekaligus mengajak anak belajar menyelesaikan masalah.

9. Supaya anak lebih aktif
Ayah yang aktif mengajak anak terlibat dalam kegiatan fisik seperti mencuci mobil, berlari atau bersepeda akan membuat anak lebih aktif dan terhindar dari obesitas diri. yang biasanya terjadi pada anak yang tidak aktif bergerak, hanya menonton televisi atau bermain gadget.
10. Supaya anak lebih kreatif
Dari sisi kreatifitas, ayah berpeluang lebih besar ketimbang ibu. Misalnya, ayah mengajak main anak dengan memakai ninja dari sarung, bermain mobil dari pelapah pisang atau membacakan dongeng dengan ekspresi lebih serius. Anak terlahir dengan bawaan kreatif, tinggal bagaimana orangtua mengembangkannya. 

Menemukan cara mendidik anak yang baik butuh keterlibatan sosok ayah. Jadi, jangan sampai ayah kehilangan masa anak-anak ya, luangkan waktu berkualitas untuk anak-anak supaya tumbuh kembangnya bisa maksimal dan terbangun karakter positif untuk bekal masa depan mereka.




Alexa Rank, Pentingnya Blogger Tahu Hal Ini

Posted by with No comments
Alexa rank adalah salah satu alat untuk mengukur tingkat popularitas suatu website. Para blogger biasanya menggunakan alexa rank untuk menganalisa kualitas konten, prosentase pengunjung dan ranking blog dalam suatu negara. Semakin sering blogger update artikel dan melakukan blogwalking biasanya akan semakin ramping nilai alexanya. 

Sebagian para blogger, webmaster dan pakar SEO yang tidak hanya mengandalkan alexa sebagai acuan untuk melihat popularitas sebuah blog atau website. Tingkat popularitas bisa dipengaruhi seberapa aktif seorang blogger meng-update artikel. Misalnya, dalam sehari blogger mampu menulis 10 postingan secara rutin setiap hari. Alexa blog anda akan meningkat dengan sendirinya. Biasanya selain alexa yang dijadikan tolak ukur, ada yang namanya Google analyst. Keduanya memiliki fungsi yang sama.


Jika anda serius menekuni dunia blogging, anda perlu memahami bagaimana cara meningkatkan alexa rank berikut ini;

1. Claim your site pada situs Alexa

Yang dimaksud dengan claim your site ini, anda harus mendaftarkan blog anda ke situs alexa. kemudian mengisi ALEXA ID META TAG di head template. nah, sebelumnya anda wajib mengisi site description, country name dan profile


2. Rajin update postingan secara rutin

blog anda akan dilirik mesin pencari dan alexa jika melakukan update postingan secara rutin. ini menunjukkan eksisten anda sebagai blogger. 

3. Tulislah konten berkualitas

Algoritma google saat ini mengutamakan konten yang berkualitas bukan penggunaan keyword yang semata hanya untuk mesin penelusur bukan untuk dibaca manusia. Jadi, persiapkan konten terbaik dan unik yang bakal disukai google. 

4. Rajin blogwalking 

Nah, seringkali blogger tidak menyempatkan diri melakukan kunjungan ke beberapa blog. Karena sibuk update postingan atau kesibukan offline lainnya. Sehingga mengakibatkan blog tidak dikenal orang lain. hanya mengandalkan kunjungan gratis dari google atau trafic lainnya. 

Sebaiknya anda perlu membaca postingan seputar blogwalking di bawah ini; 


Ketika anda memiliki jadwal yang jelas untuk melakukan blogwalking. anda akan merasakan sesuatu yang berbeda. akan mendapatkan teman baru, pengunjung baru dan pengetahuan baru. Jenuh ngeblog kerap melanda para blogger yang kurang memiliki passion menulis atau masih belajar menulis. Jadi, ngeblog terasa membosankan. Namun, jika anda melakukan blogwalking secara rutin. anda akan ketagihan ngeblog, dan alexa pun juga akan meningkat dengan sendirinya. 

5. Link Building

Alexa ternyata juga melirik jumlah link, baclink yang mengarah ke blog kita, dari situs lain tentunya. cara mendapatkannya juga mudah, melalui social bookmarking, forum, link exchange atau guest blogging. 

6. Alexa PRO 

Serius ngeblog? anda bisa membeli alexa pro untuk menikmati ragam fitur lainnya. Seperti; alexa search result yang dapat memudahkan anda melakukan promosi blog, menambahkan link back atau logo situs. Namun, jika anda blog pemula yang belum memanfaatkan untuk kepentingan earning. bisa menggunakan alexa free saja

Dari keenam cara diatas, anda bisa praktekkan. Point penting bagi seorang blogger adalah having fun saat melakukan blogging, menulis dengan hati atas informasi yang di dapat. rajin update artikel dan blogwalking adalah langkah aman usai anda meng-claim situs anda ke situs alexa. itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Alexa rank, pentingnya blogger tahu hal ini. 



Pakai Tas Etnic di Sistalisius.com, Hangout Makin Ceria, Makin Cinta Indonesia

Posted by with 1 comment
Bunda, sistaa....Kalau lagi jenuh bawaannya bete, apa yang kalian rasakan? 

Mudah marah? Iya...
Males makan? Mungkin...
Ato, Males beresin rumah? iya juga!

Kalau sudah seperti itu, jangan biarkan terlalu lama dalam suasana jutek. Karena sangat membahayakan kondisi psikologi. Bunda dan sista mungkin punya cara yang berbeda untuk mengusir jenuh. Nah, kali ini saya akan membawa bunda sista ke sebuah tempat yang sangaaaat spesial. Sebuah tempat yang ampuh mengusir jenuh, mata nggak bosen memandang, takjub dengan ragam etnik yang kapan pun bisa bunda/sista miliki. 

Sebuah tempat yang selalu menghadirkan sesuatu yang baru dan memukau. Tempat apa sih?

Okelah...saksikan video di bawah ini spesial dari Maika Etnik (Siap-siap terpesona.xixixi)



Tuuuh, etnik memang unik ya. semua di kerjakan dengan inspirasi design dari alam. Dengan sentuhan tangan yang terampil menghasilkan produk tas handmade yang berkualitas. Jadi bukan buatan pabrik lho.

Mau tau merk lainnya? yang ini Mukamola..


Tren Etnik Pada Produk Handmade

Elemen etnik saat ini mulai meramaikan dunia fashion. Termasuk tas, nuansa etnik hasil kreasi para pecinta etnik mulai menjamur. tidak hanya lokal, desainer mancanegara juga gencar menghadirkan nuansa etnik khas negaranya yang menampilkan gaya lebih eksotik.

Kalangan fashionista memburu produk etnik terbaru untuk menemani aktivitas hariannya tampil lebih ceria. warna warni dipadupadankan dengan begitu apik nan elegan. Permainan warna, desain dan etnik unik memanjakan sepasang mata yang memandang. Indonesia, gudangnya inspirasi etnik para desainer dan pecinta produk handmade.

Jadi, kalau bunda sista pakai produk etnik buatan Indonesia, kecintaan pada tanah air pasti nggak diragukan.

Pakai Produk Khas Etnik Bukti Cinta Indonesia 

"Cintailah produk Indonesia"Slogan yang kerap kita dengar dari iklan sebuah produk.

Apakah bunda dan sista sudah mencintai produk Indonesia? Sudah pakai produk Indonesia? Hm, pasti sudah ya. Sekalipun, kepengen punya produk impor utamakan lebih mendominasi produk lokal karena bunda sista turut membangun perekonomian bangsa. Yang tidak kalah penting, melestarikan khas budaya bangsa.

Etnik yang terlahir dari para desainer Indonesia jauh lebih kaya karena mengambil dari alam saja sudah melimpah ruah. Tak akan ada kata berhenti untuk menuai karya etnik ke sebuah produk fashian yang nyaris tiap hari kita pakai.


Ini punyaku, sementara baru 1 aja.hehe...rencana mau nambah koleksi.

Belanja Tas Etnik Hanya di  sistalisius.com, Distributor Resmi Mukamula Bandung

Silahkan kunjungi website diatas dan temukan ragam etnik handmade. Sistalisius.com menyediakan produk-produk eksklusif dari brand-brand terkemuka. Seperti;




Semua serba handmade, kualitas oke dengan harga terjangkau untuk melengkapi koleksi tas bunda sista. jahitan kokoh dan kuat. Selalu ada inovasi pengembangan etnik dari banyaknya produk. Pelayanan yang ramah oleh customer service membebaskan anda bertanya banyak hal seputar produk etnik. Tas etnik ini didesain dengan etnik yang khas dan elegan. tidak ada di pasaran.






Gimana bunda sista? sudah menemukan inspirasi untuk nambahin koleksi tasnya yang etnik dan handmade. Buruan pilih-pilih dan borong, bisa dipake sendiri atau jadi hadiah untuk orang spesial. 

Pakai produk etnik handmade, Bukti cinta Indonesia
Temukan produk tas etnik handmade berbagai merek hanya di
sistalisius.com 






Buku, Buah, Sayur….Bikin Bunda Bahagia Anti Galau

Posted by with No comments
Saya adalah wanita spesial. Saya yakin, di bumi ini tidak ada wanita seperti saya. Saya Luar Biasa. 
Latar belakang pengalaman hidup yang berbeda dengan wanita lain tentu membuat hidup saya lebih berwarna seperti pelangi. Saya benar-benar bahagia.

Kalimat diatas mengawali usaha saya untuk mengapreasiasi diri. Kebahagiaan yang tumbuh dari hati akan menebar kebahagiaan pula untuk keluarga. Saya yakin itu, 

Pernah suatu ketika, saya merasa “tidak berharga” karena status ibu rumah tangga yang tidak bekerja ke kantor jadi bahan “bully” keluarga besar. Membuat batin tersiksa. Ditambah lagi, selalu ada ledakan protes usai membaca status facebook teman lama yang sukses jadi wanita karir.

“Äh, betapa beruntungnya mereka”

“Gimana ya biar aku bisa seperti dia”

Kegalauan itu berimbas pada hal-hal negatif, muncul rasa tidak bersyukur, iri, mengeluh bahkan kerap menyulut emosi hingga anak dan suami yang menjadi ‘korban’. 

Seiring waktu berjalan, saya menemukan banyak komunitas online yang mendukung pengembangan potensi saya yaitu menulis. Bertemu teman baru di media sosial, kita berbagi pengetahuan baru seputar blogging dan parenting. Saya pun kembali bangkit, memanfaatkan program "me time" secara maksimal. 

Dalam sehari saya menyisihkan waktu untuk membaca dan menulis. Sepekan sekali, saya menikmati buku di tempat yang berbeda, seperti di toko buku, perpustakaan atau rumah makan. 


Guna menunjang aktivitas saya yang kadang masih suka lembur malam karena menulis, saya menjalani pola makan ala food combaining supaya badan tetap sehat karena nutrisi tercukupi. Aura positif selalu terpancar. 

Yuhuiiishopping fruit & vegetable jadi sarana piknik yang menyenangkan. 



Itu cara saya mengapresiasi diri, bagaimana cara bunda?

#MengapresiasiDiriSendiri”


Mengupas 15 Dahsyatnya Khasiat Jantung Pisang

Posted by with 4 comments
Jantung pisang kerap dianggap sepele. Kebanyakan kita hanya tahu manfaat daun dari pohon pisang. jantung pisang yang memiliki khasiat melimpah juga enggan dimasak karena memang tidak begitu familiar di kawasan perkotaan. Kalau di desa memasak jantung pisang ini malah sudah terkenal. Selain mudah didapat, rasanya ketika dimasak enak sekali. Harga jual jantung pisang lebih murah dibanding buah. Meski murah, secara kliniks terbukti sangat baik untuk kesehatan manusia. Berikut rincian kandungan gizi dari jantung pisang. Tiap 25 gram jantung pisang menyimpan;

Jantung pisang sebelum diolah

31 kkal kalori
1,2 gram senyawa protein
0,3 gram lemak 
7,1 gram zat karbohidrat. 
vitamin A, vitamin B1, vitamin C 
mineral penting seperti fosfor, kalsium serta Fe/Zat besi.

Tidak semua jenis jantung pisang enak dimakan lho. Silahkan seleksi lagi sebelum memasak, supaya masakan tetap lezat. Jenis pisang klutuk, pisang kepok, pisang raja bulu, dan pisang raja siam. Yang paling enak adalah jantung pisang dari jenis pisang klutuk;

Berikut dahsyatnya khasiat Jantung pisang;


1. Mampu menurunkan berat badan
Mengalami obesitas apalagi wanita tidka membuat wanita tampil percaya diri. Jadwalkan rutin memasak jantung pisang karena jantung pisang membuat efek kenyang lama. Jadi sangat efektif untuk mengurangi berat badan. 

2. Mengobati stroke
Rebus jantung pisang ambon,peras dan ambil airnya. minum sebanyak 2 kali dalam sehari

3. Mengobati Diabetes
Kandungan gizi yang terdapat pada jantung pisang ini, akan mengubah glukosa menjadi energi. cocok untuk anak yang memiliki keluhan diabetes untuk mencoba karena bisa mengurangi gula darah.

4. Mencegah Kolesterol
Seperti halnya buah kandungan serta dalam jantung pisang sangat baik untuk tubuh yang memiliki kolesterol tinggi.

5. Perut ramping (tidak buncit)
Memiliki perut buncit sangat tidak menyenangkan. anada bisa makan jantung pisang secara rutin.

6. Cegah Penyakit gondok
jantung pisang juga memiliki yodium.

7. Anti aging
Mencegah penuaan tidak hanya dilakukan dengan kosmetik, dari dalam tubuh juga perlu diupayakan seperti dengan makan jantung pisang yang memiliki kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal

8. Mengobati infeksi
Saat anda mengalami luka, selingi menu makanan dengan menu jantung pisang akarena kandungan etanol dan bakteri akan sulit berkembang, 

9. Mengobati Malaria
Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini butuh penanganan khusu, selain itu segera ambil jantung pisang ambon, timbun dalam bara api, parut dan peras airnya. Dan, minumkan 2 kali sehari.

10. Meningkatkan mood
Anda sering merasa 'jutek', tidak ada salahnya anda makan jantung pisang ini karena magnesium didalamnya dapat meningkatkan mood, membuat suasana hati lebih bahagia.

11. Mengobati anemia
Kekurangan darah tidak hanya diatasi dengan sayuran berwarna hijau karena jangung pisang bisa untuk menambah darah.

12. Mengurangi gejala morning sickness
Bagi nada yang hamil, dan badan merasa tidak nyaman ketika pagi hari. jantung pisang bisa mengontrol produksi hormon progesteron

13. Meningkatkan produktivitas ASI
Selain daun katuk, jantung pisang juga bisa anda coba untuk meningkatkan produksi ASI

14. Mengurangi pendaharaan saat ibu melahirkan
Dalam proses melahirkan, ibu membutuhkan darah yang banyak. Jadi, saat proses kehamilan pastikan anda memperbaiki nutrisi dengan makan jantung pisang

15. Kaya serat seperti buah 
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1 yang bisa menggantikan buah ketika stok buah anda di rumah habis.

Khasiat jantung pisang memang sangat banyak. Meski terkesan murah dan jarang diminati orang. Anda bisa memberikan informasi baik ini ke orang lain. Supaya jantung pisang yang ada di pekarangan rumah tidak sia-sia terbuang begitu saja karena jantung pisang memiliki khasiat yang sangat dahsyat untuk kesehatan tubuh.

Disisir tipis sebelum direbus, proses sayur lodeh jantung pisang

Cara Atasi Anak Susah Makan dengan Langkah Ini Ternyata Lebih Mudah

Posted by with No comments
Anak susah makan, orangtua juga ikut susah. Pasalnya, ketika usia balita banyak sekali problem yang terjadi karena berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak. Biasanya, anak yang susah makan cenderung mudah tersulut emosi, kurang aktif bergerak dan tidak bersemangat. jika berlanjut hinggga berminunggu minggu akan membahayakan anak baik secara fisik ataupun psikis. 

Anak yang susah makan atau disebut picky eater, akan mengalihkan perhatian ke makanan ringan berupa snack, camilan tidak sehat dan minuman es. Sebagai orangtua, anda harus mengenali karakter anak, kondisi tubuh dan kebiasaan anak. Coba cek, apakah anak sakit? cek kesehatan organ tubuh, apakah gigi anak tidak sehat? Jika ada yang tida beres segera bawa ke dokter. Jika yang terjadi adalah masalah psikis, misalnya apakah anak merasa tertekan dan tidak nyaman? anda harus melakukan pendekatan dan harus menenangkan. Apa saja yang harus dilakukan lagi?


Cara Atasi Anak Susah Makan

1. Tempat Makan Spesial

Sediakan tempat makan dalam bentuk lucu dengan porsi yang kecil. Berikan sedikit demi sedikit karena anak kecil memang selalu aktif bergerak.

2. Makanan yang bervariatif

Batlah jadwal menu harian yang berbeda, sesuiakan dengan kesukaan anak namun tetap kemas dalam porsi yang kandungan nutrisinya baik. 

3. Tepat pada waktunya

Setengah jam sebelum jadwal makan, anda harus meninggalkan semua pekerjaan. Dampingi anak makan, aau jika masih bayi, suapi dengan penuh kehangatan

4. Beri camilan sehat

Anak balita sekarang tidak seperti balita zaman dahulu yang masih dekat dengan cemilan tradisional yang berbungkus daun. mereka lebih menyukai kemasan menarik snack ala supermarket. Anda harus berusaha mengenalkan menu sehat tanpa zat aditif lainnya supaya jika besar nanti mereka akan tahu manfaatnya, tubuh mereka pun akan jauh lebih sehat lagi.

5. Stop Mengancam

Mengancam anak atau memaksa anak untuk mau makan adalah tindakan konyol karena berdampak buruk pada perkambangan psikis anak.

6. Libatkan anak di dapur

Mengajak anak menyiapkan makanan, upaya yang pas untuk mengajak anak lebih siap untuk menyantap makanan. Latih anak mandiri makan sendiri, tidak masalah jika cara makan mereka bakal membuat lantai kotor

7. HIndari memberikan hadiah

Makan adalah kebutuhan primer semua manusia. termasuk anak-anak. Jika anda kerap memberi iing-iming hadiah. Anak akan sulit beradaptasi dengan lingkungan dan terus berharap pada hadiah. 

Anak susah makan memang kerap terjadi pada keluarga manapun. Membangun kebiasaan yang baik di awal pertumbuhan mereka jauh lebih mudah. Karena, anak yang dididik secara disiplin akan lebih memahami apa yang terbaik untuk dirinya. Sebagai orangtua, anda hanya butuh modal konsisten dan lebih bersabar saat menghadapi anak susah makan.